Cegah Pendangkalan Sungai di Lorong Produksi, Bupati Perintahkan Pengerukan

Cegah Pendangkalan Sungai di Lorong Produksi, Bupati Perintahkan Pengerukan

12 Juni 2024 | Admin | | 169 Kali Dilihat | 0 Komentar
Cegah Pendangkalan Sungai di Lorong Produksi, Bupati Perintahkan Pengerukan
 
Untuk mengatasi terjadinya pendangkalan sungai yang terletak di Lorong Produksi Kelurahan Ladongi Jaya Kecamatan Ladongi, Bupati Koltim Abd Azis SH MH memerintahkan untuk dikeruk.
 
Dan, pada Rabu (12/6/2024), pihak Dinas PUPR Koltim terlihat mulai mengeruk sungai tersebut dengan menurunkan sejumlah alat berat, guna mengatasi pendangkalan akibat luapan air banjir yang terjadi, yang juga sebagai salah satu upaya pemeliharaan sungai atau bendungan.
 
Lurah Ladongi Jaya Mukhtar Tidjang SGz menjelaskan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menjaga fungsi sungai atau bendungan, sebagai saluran air yang aman dan optimal.
 
”Dan Alhamndulillah, Pemda Kolaka Timur dalam hal ini Bapak Bupati, segera mengarahkan UPT Workshop PU Koltim dan Pemerintah Wilayah Kecamatan Ladongi serta Kelurahan Ladongi, dibantu oleh penduduk setempat seperti Gapoktan, Poktan dan P3A, bekerja sama dalam melaksanakan kegiatan pengerukan di sungai atau bendungan yang berada di lorong Produksi ini, dimana dekat Sanggar Tani Kelurahan Ladongi Jaya,” ucapnya disela-sela pengerukan ini.
 
Lanjut Muhtar, kolaborasi antara berbagai pihak ini, memastikan bahwa dalam menghadapi musim tanam kedua tahun ini, dapat dilaksanakan dengan baik dan optimal.
 
”Dengan dilaksanakannya kegiatan pengerukan ini, diharapkan sungai atau bendungan di daerah irigasi, dapat berfungsi dengan optimal sebagai saluran air yang aman dan berfungsi dengan baik, dalam menghadapi musim tanam nanti,” ucapnya optimis.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tinggalkan Komentar