Bupati Koltim (kiri) bersama Ketua DPRD Koltim (kanan), melepas perdana pengiriman jagung pipil menuju Kota Surabaya, Selasa (16/6).

Jagung Koltim Dikirim Ke Surabaya

16 Juni 2020 | anto | | 213 Kali Dilihat | 0 Komentar

Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), berhasil menarik minat pengusaha di Kota Surabaya untuk membeli jagung produksi daerah tersebut.

Dan untuk kali pertama, Pemda Koltim mengirim 200 ton jenis jagung pipil tersebut yang dilaksanakan, Selasa (16/6) bertempat di GOR Kelurahan Atula Kecamatan Ladongi. Pengiriman perdana ini, dilepas Bupati Koltim Drs H Tony Herbiansyah MSi, bersama Ketua dan Anggota DPRD Koltim dan Ketua TP PKK Koltim.

Dalam sambutannya, bupati menyampaikan, sektor pertanian merupakan satu diantara sektor unggulan dalam proses penyelenggaraan pembangunan daerah di Koltim. Dalam memposisikan pertanian sebagai sektor andalan dan penggerak utama pembangunan tentu saja diperlukan teknologi yang tepat guna. Inovasi teknologi pertanian merupakan suatu keharusan untuk memacu peningkatan produksi, produktifitas dan kualitas produk pertanian yang berdaya saing. Kolaka Timur memiliki banyak keberagaman dan potensi kekayaan sumber daya hayati yang melimpah, yang dapat dimanfaatkan untuk membangun cadangan pangan pemerintah dan masyarakat.

“Salah satu cadangan pangan potensial tersebut adalah jagung.  Jagung merupakan salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat terpenting di dunia selain beras dan gandum. Pada masa kini jagung sudah menjadi komponen penting dalam pembuatan pakan ternak, sumber minyak pangan dan bahan dasar pembuatan tepung maizena,” sebutnya.

Dijelaskannya, di 2019, Koltim memiliki target tanam untuk komoditas jagung seluas 14.000 Ha yang tersebar di 12 Kecamatan, dengan realisasi sebesar 11.358 Ha. Tingkat produksi rata-rata sebesar 4,6 Ton/Ha. Sedangkan untuk tahun 2020 target tanam seluas 5.507 Ha. Sebagaimana telah saya ungkapkan di atas, bahwa sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang menjadi prioritas pembangunan di Koltim, mengingat cukup besarnya peluang dan potensi sektor ini yang masih dapat dikembangkan dan didayagunakan untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat serta sekaligus pengembangan perekonomian daerah.

“Pada  kesempatan ini, saya selaku pimpinan Daerah Kabupaten Kolaka Timur, mengapresiasi adanya kegiatan pengiriman perdana Jagung Pipil Produksi Pertanian Kabupaten Kolaka Timur ini, sebanyak kurang lebih 200 Ton dengan tujuan PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk, Surabaya. Tentu hal ini merupakan salah satu yang wajib kita syukuri, karena komoditas jagung Kolaka Timur telah dilirik oleh perusahaan nasional. Untuk itu, saya menghimbau kepada petani agar senantiasa meningkatkan produksi jagung melalui penerapan teknologi tepat guna melalui bimbingan para penyuluh dan instansi terkait.

Demikian beberapa  hal  yang  dapat  saya  sampaikan dalam kesempatan ini dan semoga kiranya upaya yang kita lakukan akan memberikan manfaat bagi pencapaian tingkat kesejahteraan masyarakat tani di Daerah Kabupaten Kolaka Timur sebagaimana harapan kita bersama,” tuturnya. (Diskominfo)