Pj Sekda Koltim (tengah) mewakili Pemda Koltim, menerima piagam penghargaan sebagai daerah penyalur dana desa (DD) terbaik Tahun 2020 Se-Sultra, dari Kepala KPPN Kolaka (kanan), Kamis (25/3).

Koltim Raih Predikat Penyaluran DD Terbaik Tahun 2020

25 Maret 2021 | Admin | | 122 Kali Dilihat | 0 Komentar

Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), meraih predikat sebagai daerah penyalur dana desa (DD) terbaik Tahun 2020 Se-Sultra.

Atas capaian ini, Kantor Perwakilan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kolaka, memberikan penghargaan tersebut. Acara pemberian penghargaan ini, dilaksanakan, Kamis (25/3) di Aula Kantor Bupati Koltim.

Pemberian piagam penghargaan ini, oleh Kepala KPPN Kolaka Arief Rokhman kepada Pj Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi mewakili Plt Bupati Koltim Hj Andi Merya Nur SIP. Turut hadir Plt Kepala BPKAD Koltim Aspian Suute SKM dan sejumlah pimpinan OPD.

Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Pj Sekda, Plt Bupati Koltim menyampaikan apreasiasi khususnya Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Koltim dan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Koltim yang telah berusaha semaksimal mungkin, sehingga Koltim bisa meraih predikat tersebut.

“Kedua OPD tersebut sangat maksimal dalam menjalankan tugasnya, dalam pengelolaan dan penyaluran dana desa secara tertib sesuai peraturan yang berlaku. Apreasiasi juga diberikan kepada Kementerian Keuangan khususnya KPPN Kolaka. Penghargaan ini, diharapkan motivasi bagi kita semua dalam rangka penyaluran dana desa, sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi khususnya masyarakat desa. Dan dalam rangka penanganan pandemi Covid-19,” beber Plt Bupati.

Selain itu lanjutnya, predikat ini juga tak lepas dari komitmen Pemda Kolaka Timur dalam mendorong pembangunan di desa.

“Ini akan menjadi momentum yang baik bagi pemerintah daerah, terimakasih atas segala bimbingannya dari KPPN Kolaka,” ucapnya.

Sebagaimana diketahui, Pemda Koltim mencatat persentase gemilang penyaluran DD 2020, dari 96,68 Miliar Rupiah yang dialokasikan untuk Koltim, 100 persen dapat tersalurkan tepat waktu.

Dalam sambutannya, Arief Rokhman saat menyampaikan untuk dana desa Tahun 2020 di Koltim ini, sebesar 96,68 Miliar Rupiah. Dana tersebut tuntas tersalur 100 persen di 117 desa. Setiap tahap, baik tahap I, II dan III Koltim selalu menjadi yang tercepat.

Dengan capaian Koltim tersebut kata Arief, merupakan yang terbaik se-Sultra. Dengan keberhasilan penyaluran 100 persen tepat waktu itu, akan meningkatkan perhitungan dana insentif daerah untuk Koltim, karena DD juga merupakan bagian dari APBD.

“Tak hanya itu, di awal tahun anggaran 2021 ini, Koltim juga masuk dalam 50 dari 500 kabupaten kota yang salur dana desa di awal tahun. Melalui Kementerian Keuangan cq Ditjen Perbendaharaan, berharap kinerja yang baik tersebut, dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan di masa mendatang, sehingga Koltim bisa bersaing dengan kabupaten lain di tingkat nasional,” jelasnya.(Diskominfo)