Bupati Koltim Buka Pelatihan Kelembagaan Petani

Bupati Koltim Buka Pelatihan Kelembagaan Petani

13 Desember 2023 | Admin | | 274 Kali Dilihat | 0 Komentar
Bupati Koltim Buka Pelatihan Kelembagaan Petani
 
Bupati Koltim Abd Azis SH MH, membuka pelatihan peningkatan kapasitas kelembagaan petani, dengan tema "Memperkuat sinergitas kelembagaan penyuluh dan petani dalam mendukung pembangunan pertanian yang maju mandiri dan moderen" Tingkat Kabupaten Koltim, di Desa Orawa, Rabu (13/12/2023).
 
Selain bupati, kegiatan ini dihadiri sejumlah pimpinan OPD, dan seratusan penyuluh, gabungan kelompok tani (gapoktan) dan kelompok taniatau poktan, dari seluruh wilayah Koltim.
 
Dalam sambutannya, bupati menyampaikan, jika dari 17 kabupaten kota di Sultra, Koltim lah yang dikaruniai sumber daya alam yang sangat luar biasa.
 
”Soal hasil, itu bukan soal menanamnya, tapi yang utama tergantung kita mau seperti apa. Kalau ada lahan tidur, itu bukan tanahnya yang tidur, tapi pemilik tanah yang hanya mau tidur tanpa melakukan penanaman,” ucapnya.
 
Disebutkan bupati, jika di Koltim banyak poktan, mereka adalah orang-orang punya optimisme yang kuat, sehingga ia mengharapkan dinas terkait untuk terus melakukan pembinaan dan merespon untuk menjawab persoalan-persoalan dilapangan.
 
”Kepada penyuluh, poktan dan gapoktan jug, untuk rajin silaturrahmi dengan OPD terkait, agar bisa diketahui masalah-masalah dilapangan. Tetapi semua itu, untuk mendapatkan seperti apa yang kita inginkan, diperlukan kecerdasan emosional yang baik,” pintanya.
 
Diiakhir sambutan, bupati menyampaikan jika profesi petani merupakan profesi yang sangat mulya, karena mampu menghidupi semua mahluk hidup di muka bumi.
 
Sedang dalam laporannya, Kadis Tanaman Pangan dan Peternakan Koltim Ridwan SPi MSi menyebut, kedepan pembangunan sektor pertanian di Koltim masing sangat potensial. (Diskominfo)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tinggalkan Komentar