Bupati Koltim Sasar Penyandang Disabilitas, KUBe dan Yatim Piatu

Bupati Koltim Sasar Penyandang Disabilitas, KUBe dan Yatim Piatu

29 Desember 2022 | Admin | | 543 Kali Dilihat | 0 Komentar
Bupati Koltim Sasar Penyandang Disabilitas, KUBe dan Yatim Piatu
 
Pemda Koltim di bawah kendali Plt Bupati Abd Azis SH MH, terus menggulirkan berbagai paket bantuan kepada semua kalangan.
 
Tak terkecuali penyandang disabilitas, bantuan kelompok usaha bersama (KUBe), serta bantuan untuk anak yatim piatu.
Seperti yang terlihat di Lapangan Nur Latamoro Rate-Rate pada Kamis (29/12), bupati bersama Kepala Dinas Sosial Provinsi Sultra Dr Ir Martin Efendi Patulak MSi, Direktur Bank Sultra Cabang Koltim, Ketua DPRD Koltim Suhaemi Nasir SPd MPd, Wakil Ketua DPRD Koltim Sukur Adam STP, Ketua TP PKK Koltim Hartini Azis A.Ma, dan pimpinan OPD, unsur TNI/Polri, menyerahkan bantuan tersebut kepada tiga kategori penerima bantuan sosial ini.
 
Dalam sambutannya, ia menyampaikan selaku pimpinan derah Koltim, telah mengalokasikan anggaran melalui APBD Perubahan 2022, melalui Dinas Sosial, untuk bantuan-bantuan tersebut. Dengan rincian, bantuan kesejahteraan sosial sebesar 2 Juta Rupiah, kepada 447 penyandang disabilitas yang tersebar diseluruh wilayah Koltim.
 
Selanjutnya rinci bupatu, untuk bantuan KUBe, sebanyak 20 paket di 6 kecamatan, yang tersebar di 16 desa, yang masuk dalam lokus stunting, sebesar 25 Juta per KUBe.
"Begitu juga atas upaya kita berasama, Alhamndulillah, pemerintah provinsi melalui dinas sosial, mengalokasikan anggaran berupa bantuan sosial bagi penyandang disabilitas sebesar 750.000 per orang, kepada 236 penerima manfaat, begitu juga Kementerian Sosial RI, telah mengalokasikan bantuan untuk anak yatim piatu, sebesar 600.000 per anak untuk 79 anak," sebutnya.
 
Bantuan sosial bagi penyandang disabilitas serta bantuan untuk anak yatim piatu kata dia, hendaknya dapat benar-benar dimanfaatkan untuk pemenuhan kebutuhan mereka, pihak keluarganyalah yang paling utama dalam memberikan perlindungan dan perawatan bagi penyandang disabilitas maupun anak yatim piatu.
 
Lanjutnya, adapun bantuan KUBe yang diberikan oleh pemerintah ini, hendaknya dapat di manfaatkan dan dikelola secara bersama-sama oleh seluruh anggota kelompok, jangan dimiliki secara pribadi oleh ketua saja atau pihak tertentu saja, tapi hendaknya dijadikan sebagai usaha bersama yang dapat dirasakan manfaatnya oleh seluruh anggota kelompok.
Sebelumnya kata kosong satu Koltim ini, Pemda Koltim juga telah memfasilitasi berbagai jenis bantuan sosial dari pemerintah pusat kepada warga yang kurang mampu, diantaranya bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan sembako atau BNPT, dan bantuan BLT-BBM. Dimana bantuan ini, dapat terlaksana karena adanya proses dan mekanisme yang terbangun by system, tidak datang begitu saja secara tiba-tiba, tetapi ada kerja-kerja sosial yang dilakukan oleh semua stake holder yang ada dilapangan. Seperti pada bantuan sembako, bantuan KUBe kepada kelompok usaha bersama, dan bantuan kesejahteraan sosial ini merupakan hasil pendataan yang telah dilakukan oleh dinas terkait dan selanjutnya kami setujui untuk memberikan bantuan ini kepada masyarakat penerima manfaat.
 
Masih kata bupatu, tujuan dari bantuan ini, tidak lain merupakan upaya pemerintah daerah guna memberikan perlindungan sosial kepada masyarakat. inilah bentuk kepedulian dan perhatian yang serius dari pemerintah daerah, kepada masyarakat kolaka timur yakni memberikan perlindungan sosial melalui berbagai jenis bantuan sosial.
 
"Saya berharap kepada warga masyarakat Kolaka Timur yang hadir saat ini, terutama kepada penerima manfaat sebagai pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial (PPKS), marilah kita pergunakan setiap bantuan yang ada tersebut secara hemat, cermat dan tepat, sembari kita tetap berusaha dan terus bekerja keras agar tingkat kehidupan masyarakat kabupaten kolaka timur dapat terus membaik dan mengalami peningkatan sesuai yang kita harapkan.
 
Dalam kesempatan ini juga, ia tidak lupa mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak seperti pendamping PKH, TKSK dan dan lainnya, yang telah membantu menyukseskan penyaluran berbagai bantuan ini.
Sedang Kepala Dinas Sosial Koltim Maryono SPd MEPd dalam laporannya, menyampaikan jika tahun depan Pemda Koltim, mengalokasikan bantuan serupa yang jauh lebih banyak.
 
Salah seorang penerima bantuan disabilitas, Saikin asal Kecamatan Loea, mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada Pemda Koltim dan seluruh pihak yang telah menberikan perhatian kepada penyandang disabilitas seperti dirinya. (Diskominfo)

Tinggalkan Komentar