Pj Bupati Koltim melantik seluruh pengurus Kwarcab Gerakan pramuka Koltim tingkat kecamatan. Yakni Pengurus Mabiran, Kwaran, LPK dan BKR Gerakan Pramuka Koltim Tahun 2022 di Aula Pemda Koltim, Senin (25/4). Foto: Yuli Risky

Bupati Lantik Pengurus Pramuka Tingkat Kecamatan

26 April 2022 | Admin | | 101 Kali Dilihat | 0 Komentar

Pj Bupati Koltim Ir H Sulwan Aboenawas MSi, melantik seluruh pengurus Kwarcab Gerakan pramuka Koltim tingkat kecamatan.

Pelantikan Pengurus Mabiran, Kwaran, LPK dan Badan Kehormatan Ranting (BKR) Gerakan Pramuka Koltim Tahun 2022 ini, dilaksanakan di Aula Pemda Koltim, Senin (25/4).

Dalam Sambutannya usia melantik, bupati menyampaikan sesuai dengan tema yang diusung dalam kegiatan ini yakni bersama kita memperkokoh persatuan dan kesatuan dalam bingkai kepramukaan dan berkarakter lkhlas bakti bina bangsa berduri bawa laksana untuk mewujudkan tujuan gerakan pramuka, serta mottonya satyaku kudarmakan, darmaku kubaktikan.

“Mudah-mudahan dengan pengurusan yang baru ini, gerakan pramuka di kecamatan se-Kolaka Timur, dapat lebih maju dan meningkat, serta dapat mencetak generasi muda sebagai tunas bangsa yang lebih baik, bertanggung jawab dan ikut serta dalam pembangunan daerah. Sebagai mana tema diatas sesuai tujuan gerakan pramuka. Perlu saya ingatkan, bahwa gerakan pramuka dimana kwartir ranting mempunyai tugas memimpin dan mengendalikan gerakan pramuka dan kegiatan kepramukaan di kecamatan, hal ini tentunya sejalan dengan amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Pendidikan Kepramukaan,” beber bupati.

Lanjutnya, saat ini telah terjadi pergeseran, dimana generasi muda mulai meninggalkan pramuka dan lebih tertarik pada kegiatan-kegiatan lain, bahkan tidak jarang melakukan hal-hal yan tidak bermanfaat seperti penyalahgunaan narkoba, perkelahian, menurunnya kepatuhan terhadap, hukum, serta meningkatkan penggunaan kekerasan sebagai cara menyelesaikan permasalahan dan lain sebagainya.

“Tantangan tersebut, tentunya harus kita carikan solusinya dengan melibatkan mereka dalam gerakan pramuka. Dan yang tak kalah pentingnya, kami juga berharap, gerakan pramuka sebagai agen perubahan dapat bersinergi dengan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran covid-19 yang masih terus terjadi sampai saat ini, pengurus dan anggota pramuka harus menjadi contoh bagi masyarakat serta ikut mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi yang sedang gencar kita laksanakan,” tutupnya. (Diskominfo)