Foto : Plt Bupati Koltim Abd Azis SH, Anggota Komisi XI DPR RI Bahtra SPWK, Kepala BPK Perwakilan Sultra Dadek Nademar SE MIT AK CFE CA CSFA,

Dari Sosialisasi BPK dan DPR RI, Desa Dibekali Pengelolaan Keuangan yang Baik

16 November 2022 | Admin | | 330 Kali Dilihat | 0 Komentar
Dari Sosialisasi BPK dan DPR RI, Desa Dibekali Pengelolaan Keuangan yang Baik
 
Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan DPR RI menggelar sosialisasi optimalisasi peran, tugas dan fungsi kedua lembaga ini dalam pengawasan pengelolaan dana desa, di Aula Pemda Koltim, Rabu (16/12).
 
Hadir dalam kegiatan ini, Plt Bupati Koltim Abd Azis SH, Anggota Komisi XI DPR RI Bahtra SPWK, Kepala BPK Perwakilan Sultra Dadek Nademar SE MIT AK CFE CA CSFA, Ketua bersama sejumlah anggota DPRD Koltim, Forkopimda Koltim, Dandim 1412 Kolaka, Kapolres Kolaka, Kepala Kejaksaan Negeri Kolaka, Plt Kapolres Koltim, Sekda Koltim, Lembaga/Instansi Vertikal Se Koltim, Ketua TP PKK Koltim, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kepala Bagian, Camat Se Koltim, serta Kepala Desa dan Sekretaris Desa Se-Koltim.
 
Dalam kesempatan ini, bupati menyampaikan jika Koltim terdiri dari 12 kecamatan, 16 kelurahan dan 117 desa yang tersebar di 12 kecamatan serta wilayah dan jangkauan yang sangat luas. Sehingga banyak persolan dan kendala yang dihadapi salah satunya masih rendahnya kemampuan sumber daya manusia aparatur pemerintah desa dalam mengelola keuangan dana desa, serta di tambah lagi aspek regulasi. Dengan banyaknya regulasi dan peraturan yang mengatur tentang desa, yang hampir setiap tahun mengalami perubahan. Sehingga desa sering menemui kesulitan dalam perencanaan dan pelaporan pengelolaan keuangan dana desa, hal ini lah yang membuat pengelolaan dana desa rentan terjadi tindak pidana korupsi di desa.
 
Olehnya itu kata dia, Pemda Koltim terus melakukan upaya-upaya yang kontinyu untuk mengatasi permasalahan di desa. Pemda selalu memberikan pembinaan dan melakukan pengawasan terhadap pengelolaan dana desa dengan mengadakan kegiatan- kegiatan pelatihan mau pun studi banding kepada para kepala desa dan aparatur pemerintah desa guna meningkatkan kualitas sumber daya aparatur pemerintah di desa.
hal ini lanjutnya, terbukti dengan upaya dan kerja keras pemda mulai membuahkan hasil, yang mana membawa Koltim menjadi salah satu terbaik di Sultra dalam penyaluran dana desa dan pelaporan pengelolaan keuangan dana desa. Ini merupakan salah satu upaya nyata Pemda Koltim yang mulai menampakan hasil dalam memberikan pendampingan, pembinaan dan melakukan pengawasan terhadap pengelolaan dana desa di daerah ini.
“Perlu menjadi perhatian bapak ibu kepala desa, bahwa perinsip pelaksanaan pengelolaan keuangan desa itu sebenarnya adalah segala sesuatu dapat dipertangungjawabkan baik secara teknis, administrasi maupun hukum dan dilaksanakan secara transparan dan akuntabel. Karena jika keuangan desa tidak dikelola secara tepat dan tertib administrasi, maka dapat menyebabkan kegagalan program pemerintah dan bisa saja nanti akan berhubungan dengan permasalahan hukum sehingga tujuan kita mensejahterakan masyarakat tidak akan tercapai. harapan saya selaku pimpinan pemerintahan daerah agar tidak ada lagi desa di Kolaka Timur yang bermasalah dengan hukum akibat kelalaian, kekurang cermatan, ketelitian dalam mengelola keuangan desa melakukan tindakan yang mengarah pada korupsi oleh para kepala desa,” bebernya.
 
Lanjutnya, untuk mencegah dan menghindari hal itu, Pemda Koltim selalu melakukan tindakan monitoring dan pengawasan internal pengelolaan dana desa melalui APIP (aparat pengawas internal pemerintah) kepada desa-desa sebagai upaya tindakan pencegahan dini terhadap korupsi dan peyalahgunaan anggaran di desa. Oleh karena itu, maka pentingnya sosialisasi ini nanti diharapkan kepada kepala desa sebagai kuasa pengelola keuangan desa harus bisa menerapkan pengelolaan keuangan yang trasnparan, akuntabel, partisipatif serta disiplin anggaran.
Tata kelola pemerintahan dan pengelolaan anggaran yang baik sebut kosong satu Koltim ini, menjadi suatu hal yang penting dalam langkah awal sebuah kesuksesan baik itu di tingkat level desa, kecamatan dan kabupaten yang semuanya dimulai dari proses perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pelaporan, guna mendorong terciptanya pemerintahan yang baik dan pembagunan masyarakat sejahtera yang adil dan merata. sehingga dalam upaya untuk mendorong terwujudnya cita-cita tersebut pemerintah kab. kolaka timur memiliki program GEMAS (Gerakan Membangun Dan Melayani Masyarakat) secara merata, adil dan transparan bagi seluruh masyarakat di Koltim.
 
“Tak henti-hentinya saya selalu mengajak kepada jajaran pemerintahan dan semua lapisan masyarakat tanpa melihat perbedaan, mari bergerak bersama membangun kolaka timur. Kepada para kepala desa dan sekretaris desa, saya tegaskan agar mengikuti sosialisasi ini dengan serius, kegiatan ini sangat bermanfaat karena pada hari ini telah hadir narasumber secara langsung bari BPK-RI dan anggota DPR-RI sehingga apa yang selama belum dipahami terkait dengan tata kelola keuangan dana desa bisa di dengarkan dan ditanyakan langsung kepada narasumber,” tutupnya.
Sementara Bahtra, kegiatan ini sangat megah. Lanjutnya, besarnya anggaran pemerintah pusat kepada desa harus dikelola dengan baik, efektif dan efisien, itulah gunanya pertemuan ini. Bagaimana dana desa ini bisa mensejahterakan masyarakat Sultra.
 
“Harus dikelola dengan baik, agar tidak sampai terjerat hukum di daerah kita ini. Makanya itulah pentingnya kegiatan ini, faktor SDM itu juga penting, agar anggaran itu bisa dikelola dan digunakan dengan baik. Ujung tombak pembangunan itu adalah desa, kalau tidak bagus desanya akan sangat mempengaruhi sampai nasional. Mari kelola anggaran dana desa itu dengan baik, karena negara kita dalam keadaan tidak baik-baik saja alias susah. Desa juga jangan disusahkan untuk membangun dalam pengelolaan dana desa ini,” jelasnya.
Sedang Kepala BPK Perwakilan Sultra dalam pemaparan materinya, banyak memberikan perhatian seluruh kepala desa dan aparaturnya untuk mengelola dana desa ini dengan baik.
Sejumlah peserta yang hadir, juga turut aktif dalam sosialisasi tersebut. Diakhir acara, BPK Perwakilan Sultra memberikan penghargaan kepada Pemda Koltim sebagai daerah yang penyaluran dana desa dan pelaporan pengelolaan keuangan dana desa terbaik di Sultra. (Diskominfo)
 
 
 
 
 
 
 
 

Tinggalkan Komentar