Ketua TP PKK Koltim, menyerahkan APD kepada seluruh puskesmas se-Koltim, Senin (30/3)

Gelar Rakor Pemda Bagikan APD

06 Mei 2020 | Admin | | 54 Kali Dilihat | 0 Komentar

Rapat Koordinasi tindaklanjut penanganan masalah Virus Corona atau Covid-19, berlangsung di Aula Kantor Bupati, Senin (30/3) di pimpinan Bupati Koltim Drs H Tony Herbiansyah MSi, bersama Sekda, Ketua DPRD dan Ketua TP PKK Koltim, hadiri seluruh pimpinan OPD, Camat bersama kepala Puskesmas, unsur TNI dan kepolisian.

Dalam kesempatan ini, seluruh camat bersama kepala puskesmas menyampaikan kekurangan yang dihadapi dalam melawan virus tersebut.

Rata-rata kekurangan yang disampaikan adalah kurangnya bahan untuk membuat disinfektan yang akan disemprotkan ke berbagai tempat yang dianggap akan menjadi wadah virus tersebut.

Selain itu, masker dan alat pelindung diri (APD) juga masih menjadi kendala. Mendengar sejumlah keluhan ini, Bupati Koltim menyampaikan pihak Dinkes Koltim selaku leaning sektor dan tim terpadu penanggulangan Covid-19 sudah menyiapkan berbagai kebutuhan tersebut yang segera akan didistribusikan.

Pemda kata bupati, sudah menyiapkan banyak anggaran yang harus segera ditindaklanjuti oleh gugus tugas dalam penanggulangan Covid-19 tersebut. Untuk masker kata bupati sudah disipakn sebanyak 50 ribu, begitupun dengan alat kelengkapan lainnya seperti tangki semprotan, alat pendekteksi suhu tubuh dan lain sebagainya.

“Kita harus bertindak cepat meskipun ditengah keterbatasan berbagai bahan tersebut. Kalau cairan bahan pembuat disinfectan habis, kita cari alternatif, misalkan dain sirih itu sangat ampuh untuk membunuh kuman, bakteri dan virus,” jelas bupati.

Berdasarkan data Dinkes Koltim, hingga saat ini Koltim memiliki 48 ODP yang tersebar di berbagai kecamatan.

Usai rapat, Bupati bersama Ketua TP. PKK, Sekda dan Ketua DPRD,membagikan APD kepada seluruh kecamatan yang akan dipergunakan dalam menangani Covid-19 ini. (Diskominfo)