Pembukaan seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Lingkup Pemda Koltim Tahun 2022. di Hotel Horison Kendari, Sabtu (16/7).

Bupati Buka Seleksi JPT Pratama Koltim 2022

18 Juli 2022 | Admin | | 183 Kali Dilihat | 0 Komentar

Pj Bupati Koltim Ir H Sulwan Aboenawas MSi, membuka secara resmi pelaksanaan seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Lingkup Pemda Koltim Tahun 2022.

Acara ini, berlangsung di Hotel Horison Kendari, Sabtu (16/7), yang turut dihadiri Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi, pihak panitia seleksi dan unsur terkait lainnya.

Untuk diketahui, jumlah peserta yang mengikuti seleksi tersebut sebanyak 65 orang, yang akan memperebutkan 12 Formasi JPT yang selama ini masih diisi Pelaksana tugas atau Plt.

Dalam pengarahannya, bupati menyampaikan jika seleksi kali ini dibuka  buka secara lebar, yang bertujuan agar peserta bisa memahami untuk menduduki jabatan eselon tidak semudah yang di pikirkan. Sehingga kepada sekda selaku ketua panitia untuk lebih selektif.

“berdasarkan surat edaran Mentri Pemberdayaan Aparatur Negara nomor 52/2020, prinsip seleksi JPT adalah penerapanya harus transparansi dan akuntabel. Kami harap para pejabat menempati jabatan pimpinan tinggi pratama ini secara profesional dalam memimpin dan mendorong kemajuan Koltim, dan semua harus terukur sesuai kopetensi yang di miliki. Kami harap dalam seleksi ini, semua persiapan dilakukan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” harapnya.

Sedang  Sekda Koltim dalam sambutannya menyampaikan, jika dalam pelaksakaan seleksi kali ini agar semua peserta tidak terburu-buru dan melaksanakannya sesuai dengan mekanisme.

“Kami tekankan kepada semua peserta, silahkan berkompetisi secara fair. Kami berharap, 12 kepala OPD yang terpilih nantinya, adalah yang terbaik dari semua yang baik,” ungkapnya.

Kepala BKPSDM Koltim Dra Hj Murtini Balaka MSi dalam laporanya menyebutkan, dasar pelaksanaan seleksi ini  adalah Undang-Undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014, UU Nomor 23 Tahun 2019, Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 dan Nomor 11 Tahun 2017. Kemudian tahapan  pengumuman pendaftran dimulai 4 - 11 Juli 2022, dari 68 orang yang mendaftar, yang di nyatakan  memenuhi persyaratan administrasi sebanyak 65 orang.

Selanjutnya sebut Murtini, formasi jabatan yang di pilih kali ini sebanyak 12 JPT yakni, Kepala Inspektur, Kadis Perdangan dan koperasi, Pendidikan, PU, Perijinan, Catatan Sipil, Tanaman Pangan dan Peternakan,  Dispora, Badan Pendapatan Daerah, Badan Keuangan Daerah, Kesbangpol. (Diskominfo)