Bupati saat membuka Program Pelatihan Mandiri Bimtek Peningkatan Kapabilitas APIP Koltim, Selasa (4/10) malam di Kota Kendari.

Bupati Ingin APIP Koltim Berkualitas

05 Oktober 2022 | Admin | | 206 Kali Dilihat | 0 Komentar

Keinginan Plt Bupati Koltim Abd Azis SH agar kualitas Aparat pengawasan Intern Pemerintah atau APIP Koltim jauh lebih baik, tidak main-main.

Karena APIP yang berada dibawah naungan Inspektorat. Dan Inspektorat, merupakan mata dan telinga kepala daerah dalam mengawasi jalannya program kerja dan visi-misi daerah.

Hal ini disampaikan bupati saat membuka Program Pelatihan Mandiri Bimtek Peningkatan Kapabilitas APIP Koltim, Selasa (4/10) malam di Kota Kendari. Turut hadir Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi, Plt Kepala BPKP Perwakilan Sultra Wahyu Hartono dan sejumlah pimpinan OPD.

Ia menyebut, salah satu poin dalam rencana strategis Inspektorat Tahun 2021-2026 adalah peningkatan kapabilitas APIP hingga ke level 3. Untuk mencapai level tersebut, banyak faktor yang harus terpenuhi. Salah satunya adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) Inspektorat, kerena SDM menentukan kualitas kinerja pengawasan, dan Inspektorat memegang peranan penting dalam pengawasan dan pembinaan kinerja organisasi perangkat daerah.

Bercermin pada kondisi Inspektorat Koltim lanjutnya sebagai APIP, masih banyak hal yang perlu ditingkatkan untuk mencapai level 3 kapabilitas APIP. Kualitas sdm menjadi titik kritis yang perlu mendapat perhatian saat ini. oleh karena itu, ia mengapresiasi kegiatan pelatihan mandiri ini sebagai aksi nyata dalam penguatan peran Inspektorat.

“Sisi manusia yang terlebih dahulu ditingkatkan kualitasnya, baru yang lain dapat menyusul. Jika tidak, percuma anggaran besar atau program kerja yang banyak , output atau hasilnya malah tidak berkualitas atau tidak dapat dimanfaatkan. Saya selaku pimpinan daerah, menaruh harapan besar terhadap kegiatan pelatihan mandiri ini. Kepada seluruh peserta untuk menimba ilmu dan wawasan sebanyak-banyaknya dan sedalam-dalamnya, supaya nanti bisa diterapkan dalam kinerja pengawasan di Kolaka Timur,” ucapnya.

Dirinya juga menekankan terkait pentingnya membangun karakter yang berintegritas. Sebab, percuma otak encer tetapi karakter dan sifatnya rusak, ibaratnya, bagaimana lantai bisa bersih, sapunya harus bersih lebih dahulu.

"Kepada tim narasumber dari BPKP Perwakilan Sultra, saya berterima kasih atas kesediaannya untuk berbagi ilmu kepada anggota APIP Kolaka Timur. Saya titip pesan, mohon untuk membentuk APIP kami menjadi pribadi yang berkualitas, dari segi pengetahuan dan karakter. Sekali lagi saya tekankan, agar kegiatan pelatihan mandiri ini sungguh memberi manfaat yang diharapkan, tidak sekedar menghabiskan anggaran, tetapi membawa kinerja Inspektorat kepada perubahan yang lebih baik,” harap kosong satu Koltim ini.

Diakhir sambutan, ia berjanji bakal menaikkan honorarium para anggota APIP Koltim nantina yang nominalnya jauh lebih besar dari saat ini.

Sedang Plt. Kepala BPKP Perwakilan Sultra dalam sambutannya, ia menyampaikan jika pihaknya selalu memberikan peringatan dini dengan manajemen kewaspadaan termasuk peningkatan kapabilitas APIP. “Kapabilitas APIP Koltim berada di level 2 dengan skor 2,08. Target kita bisa naik ke level 3 dan itu bisa diwujudkan nanti. Ingat, pengelolaan SDM yang baik, bisa meningkatan kapabilitas APIP. Dan BPKP sebagai pembinan APIP, menjalankan fungsinya sebagai konsalting untuk peningkatan kapabilitas APIP,” jelas Wahyu Hartono. (Diskominfo)