Bupati Koltim Lantik 18 Kades Terpilih di Lambandian dan Aere

Bupati Koltim Lantik 18 Kades Terpilih di Lambandian dan Aere

02 Februari 2023 | Admin | | 1240 Kali Dilihat | 0 Komentar
Bupati Koltim Lantik 18 Kades Terpilih di Lambandian dan Aere
 
Plt Bupati Koltim Abd Azis SH MH, melantik dan mengambil sumpah 18 kepala desa (kades) terpilih di Kecamatan Lambandia dan Aere, pada Hari Kamis (2/2/2023).
 
Lambandia, menjadi kecamatan pertama yang dilakukan pelantikan ini. Sebanyak 11 Kades terpilih, dilantik dan diambil sumpahnya di GOR Kecamatan Lambandia yang terletak di Kelurahan Penanggo Jaya. Turut hadir Ketua DPRD Koltim yang juga Ketua TP PKK Lambandia Hj Suhaemi Nasir SPd MPd, Ketua TP PKK Koltim Hartini Azis AMa, Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi, Anggota DPRD Koltim, pimpinan OPD, Camat Lambandia dan ratusan masyarakat dari 11 desa tersebut.
Usai Lambandia, bupati dan rombongan menuju Desa Aere Kecamatan Aere untuk menggelar acara serupa. Disana, ia melantik tujuh kades terpilih.
 
Selain pelantikan kades, juga dilakukan pelantikan Ketua TP PKK dari masing-masing desa tersebut. Yang melantik adalah Ketua TP PKK Kecamatan atau istri dari camat setempat.
Dilambandia, TP PKK desa dilantik Ketua TP PKK Kecamatan Lambandia Suhaemi Supriadi SPd MPd. Sedang di Aere, TP PKK desa dilantik Ketua TP PKK Kecamatan Aere Rina Iwan SKep Ns.
 
Dikedua wilayah kecamatan ini, kepada kades yang baru saja dilantik dan resmi menjalankan tugas, bupati menyampaikan, jika jabatan yang diemban tersebut, hanya ada dua rasa enaknya. Yakni, pada saat dilantik dan terima gaji, selebihnya itu adalah beban atau amanah terpenting yang harus dijalankan.
 
"Kenapa saya katakan beban berat, karena semua tenaga, fikiran dan waktu kita dicurahkan untuk kepentingan dan kesejahteraan masyarakat yang ada didesa masing-masing. Ruang waktu bersama keluarga pasti berkurang. Tapi saya yakin kepada bapak ibu usng dikantik hari ini, mudah-mudahan bisa memberikan pelayanan yang maksimal di desa masing-masing," harap lelaki kelahiran 1986 ini.
 
Proses demokrasi atau pilkades yang telah terlaksana di Koltim sebutnya, fase pertandingan dan sejenisnya sudah lewat. Karena saat ini, adalah fase persatuan kesatuan, kades yang dikantik tidak lagi mempertajam perbedaan, tapi kesamaan untuk menjadi harmoni buat semua.
"Ada tiga syarat agar daerah atau desa kita harmoni, salah satunya adalah saling mengenal, dan semua yang dilantik hari ini memiliki syarat itu semua. Ingat, modal terbesar kita di Koltim ini, adalah kebersamaan dan persatuan. Bapak ibu, membangun dan menghasilkan SDM itu yang paling sulit, sehingga diperlukan kebersamaan dalam membangun," harap kosong satu Koltim ini.
 
Tak lupa pula, dirinya mengucapkan terimakasih kepada semua elemen, yang telah menyukseskan pilkades ini pada 2022 lalu, seperti unsur TNI/Polri.
"Sekali lagi, jangan karena jabatan dan status yang kita sandang, membuat kita terlupa diri. Karena sesungguhnya memuliakan masyarakat itulah sesungguhnya amanah dari jabatan ini. Jadikan jabatan ini, sebagai jembatan pelayanan. Layanilah masyarakat dengan maksimal," pintanya.
 
Diakhir sambutan, dirinya tak lupa mengingatkan kepada kades yang baru dilantik, minimal tiga bulan setelah dikantik ini, untuk segera menyusun RPJMDes. Ia juga mengingatkan, dalam pengelolaan dana desa nanti, masalah administrasi jangan diabaikan.
Sementara Ketua TP PKK Koltim dalam pengarahannya, meminta kepada Ketua TP PKK desa, agar dapat menjalankan amanah ini dengan baik. Seperti, menyukseskan 10 program PKK, dan segera menyusun kepengurusan PKK desa, tanpa mengabaikan kepengurusan yang ada atau terdahulu.
 
Kepada para kades yang baru, dirinya juga berharap agar memberikan dukungan full terhadap PKK di desanya. Misalnya menyediakan anggaran yang cukup untuk mendukung program tersebut. Begitupun TP PKK desa, untuk selalu bersinergi menyukseskan program desa, demi mewujudkan GEMAS Koltim yang dicita citakan.
 
"Saya meminta kepada kepala desa yang baru saja dilantik ini, untuk selalu mendukung semua program PKK yang ada di desanya. Begitupun PKK untuk selalu bersinergi dengan pemerintah desa, guna mewujudkan pemerintahan dan pelayanan yang baim di desa masing-masing," harapnya.
Adapun Kades yang dilantik untuk Periode 2023-2029 ini yakni:
 
- Kecamatan Lambandia
1. Desa Atolanu, Muh. Hatta
2. Desa Inotu, Asri
3. Desa Lalolera, Ardan SP
4. Desa Lambandia, Asis Pame
5. Desa Lere Jaya, Sukriadi SHI
6. Desa Lowa, Sitti Nurbaya SPd
7. Desa Mondoke, Wardihan SIP
8. Desa Onemanu, Muh Nasir
9. Desa Penanggootu, Ruslan Umar
10. Desa Pomburea, Hj Sulfahmi
11. Desa Wonuambuteo, H Ali Akbar
- Kecamatan Aere,
1. Desa Awiu, Ramli
2. Desa Iwoimea Jaya, Muliadi Toreang
3. Desa Pekorea, Arif
4. Desa Rubia, Sofian
5. Desa Taore, Rustang
6. Desa Tinete, A Rahmatullah SIP
7. Desa Ulundoro, M Amir M. (Diskominfo)
 

Tinggalkan Komentar