Bupati Koltim Resmi Buka Musda Lokashaba II

Bupati Koltim Resmi Buka Musda Lokashaba II

03 Desember 2022 | Admin | | 245 Kali Dilihat | 0 Komentar

Bupati Koltim Resmi Buka Musda Lokashaba II

Plt Bupati Koltim Abd Azis SH, resmi membuka Musyawarah Daerah atau Musda Lokashaba II DPD Prajaniti Sultra di Wantilan Desa Adat Eka Bhuana Desa Putemata KecamatanLadongi, Sabtu (3/12).

Selain musda, dikegiatan juga dirangkaikan dengan parade budaya dan festival kuliner nusantara.

Hadir dalam kegiatan ini, diantaranya Ketua Umum DPP Prajaniti Indonesia Kasarsana SPSi MPd) Ketua DPD Prajaniti Sultra, anggota DPD RI Dapil Sultra dr Dewa Putu Ardika Saputra, SP OG, Ketua WHDI Sultra Prof Dr Kadek Sutariani MSi, Plt Kapolres Koltim, asisten, staf ahli, Kepala OPD dan bagian lingkup para camat sekabupaten Koltim Kapolsek Ladongi, Danramil Tirawuta, para kepala desa dan lurah se-Kecamatan Ladongi serta Ketua organisasi umat Hindu se-Kotim.

"Mengawali kegiatan ini, marilah senantiasa kita panjat kanpuji dan syukur kepada tuhan yang maha kuasa (Ida Shang Hyang Widiwasa), karena kita masih diberikan limpahan rahmat dan nikmat-nya, sehingga dapat hadir dan bersilaturahmi di tempat ini pada acara musyawarah daerah(Lokashaba) II Dewan Pimpinan Daerah Prajaniti Sultra yang dirangkaikan dengan parade budaya dan festival kuliner nusantara. Saya atas nama pribadi, masyarakat dan pemerintah daerah Kabupaten Kolaka Timur, menyampaikan selamat datang di Kolaka Timur, semoga pilihan dewan pengurus daerah prajaniti sulawesi tenggara untuk melaksanakan musyawarah daerah di daerah ini dapat berkesan positif dan memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan pembangunan di Kabupaten Kolaka Timur," harapnya.

Prajaniti sebut bupati, sebagai salah satu organisasi sosial kemasyarakatan yang merupakan komponen subyek pembangunann khususnya bidang kemasyarakatan dan politik, yang diharapkan dapat eksis, tampil dengan lebih mapan dan mantap. Sehingga dapat memberikan citra dan legalitas sebagai organisasi keumatan yang mandiri dan berperanserta dalam pembangunan jasmani dan rohani, juga sebagai wadah dan wahana perjuangan dan pengabdian bagi umat Hindu yang bersifat politis dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, yang berdasarkan pada norma-norma agama hindu dan dijiwai oleh nilai-nilai kebangsaan, Pancasila dan UUD 1945. Melalui momentum lokashaba ini, kosong satu Koltim ini berharap akan dilahirkan kepengurusan Prajaniti Sultra yang berkomitmen untuk meningkatkan dan memantapkan kualitas serta keberadaan organisasi Prajaniti secara prima. Sehingga dapat berperan sebagai salah satu element kekuatan pembangunan di Sultra pada umumnya dan Koltim pada khususnya.

Ayah lima anak ini menyebutkan, dinamika kehidupan politik sudah semakin kompleks, maka dalam menjalankan organisasi, Prajaniti Sultra harus mampu mengimplementasikan atau meniru filosopi sapu lidi. Sebab bila hanya satu lidi, tidak akan kuat dan bermanfaat, tapi jika lidi-lidi tersebut disatukan akan kuat dan bermanfaat. Begitu pula dalam menjalankan roda organisasi harus bersama-sama bersatu jangan berjalan sendiri-sendiri.

Istilahnya, sagilik-saguluk salung lung sabayantaka paras-paros sarpanaya saling asah saling asuh atau bersatu padu saling menghargai pendapat orang lain, saling mengingatkan, saling menyayangi dan saling menolong.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini saya berharap, dapat semakin meningkatkan semangat kekeluargaan, kebersamaan dan persatuan kita.

Karena ini merupakan modal sosial dalam membangun Kabupaten Kolaka Timur kedepannya, khususnya dalam mempercepat terwujudnya visi Kabupaten Kolaka Timur 2021-2026 “sejahtera bersama masyarakat Kolaka Timur yang agamis, maju, mandiri dan berkeadilan” Melalui program #GEMAS atau Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat Koltim," jelas bupati.

Lebih lanjut bupati menyampaikan, jika Lokashaba II DPD Prajaniti Sultra ini, selain dimaksudkan untuk menyegarkan kepengurusan, juga hendaknya dapat menghasilkan program kerja kedepan dan mengevaluasi program apa yang telah dikerjakan sebelumnya.

Dengan demikian, Lokashaba ini akan menghasilkan pengurus dan program kerja yang dapat memajukan organisasi Prajaniti, sehingga kualitas perjuangan politik umat Hindu juga dapat meningkat. Sehingga dirinya berharap kepada segenap peserta Lokashaba ini, dapat bermusyawarah dalam suasana yang damai dengan mengedepankan persaudaraan dan kekeluargaan, sehingga menghasilkan keputusan yang dapat memberi konstribusi positif dalam pembangunan daerah.

"Akhirnya, dengan senantiasa memohon petunjuk dan ridha tuhan yang maha kuasa, seraya mengucapkan om awignamastunamosidham ‘’Musyawarah Daerah Lokashaba II DPD Prajaniti Sulawesi Tenggara yang dirangkaikan dengan parade budaya dan festival kuliner nusantara, saya nyatakan secara resmi dibuka," tutup bupati yang disambut tepuk tangan riuh peserta dan tamu undangan.

(Diskominfo)

#GEMAS #GerakanMembangundanMelayaniMasyarakat #KolakaTimur

Tinggalkan Komentar