Agenda Rembug Tani atau Bupati Menyapa Petani Pj Bupati Koltim Ir H Sulwan Aboenawas MSi, kembali berlanjut di Kelurahan Raraa Kecamatan Ladongi, Sabtu (25/6) pagi. Foto: Yuli Risky

Bupati Sapa Petani Raraa di Rembug Tani

25 Juni 2022 | Admin | | 150 Kali Dilihat | 0 Komentar

Agenda Rembug Tani atau Bupati Menyapa Petani Pj Bupati Koltim Ir H Sulwan Aboenawas MSi, kembali berlanjut di Kelurahan Raraa Kecamatan Ladongi, Sabtu (25/6) pagi.

Acara yang juga dihadiri Ketua TP PKK Koltim, sejumlah  Anggota DPRD Koltim serta Kepala OPD dan ratusan masyarakat setempat. Dikesempatan ini, bupati membagikan sejumlah bantuan pertanian.

Dalam sambutannya, Sulwan menyampaikan jika sektor perkebunan dan hortikultura berperan strategis dalam pemecahan agenda besar pembangunan ekonomi nasional, seperti membuka kesempatan kerja, penanggulangan kemiskinan yang sejalan dengan program pemerintah pusat yaitu penghapusan kemiskinan ekstrim, pemerataan pembangunan daerah, dan peningkatan daya dorong tumbuhnya kegiatan ekonomi lokal di Koltim.

Sektor perkebunan dan hortikultura lanjutnya, merupakan satu diantara sektor pembangunan unggulan dalam daerah proses penyelenggaraan di Koltim dalam memposisikan perkebunan/hortikultura sebagai sektor andalan dan penggerak utama pembangunan tentu saja diperlukan teknologi yang efisien dan tepat guna. inovasi teknologi merupakan suatu keharusan untuk memacu peningkatan produksi, produktifitas dan kualitas produk pertanian yang berdaya saing. kabupaten kolaka timur memiliki banyak keberagaman dan potensi kekayaan sumber daya hayati yang melimpah, yang dapat dimanfaatkan untuk membangun cadangan pangan bagi masyarakat.

Dengan demikian sebutnya, pembangunan sektor perkebunan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari upaya pencapaian visi Pemkab Koltim yaitu "sejahtera bersama masyarakat Koltim yang agamis, maju, mandiri dan berkeadilan" hal ini sejalan dengan visi pemerintah pusat melalui kementerian pertanian yaitu mewujudkan pertanian maju, mandiri dan modern.

Selanjutnya, Kadis Pangan Provinsi Sultra ini menjabarkan, kegiatan bupati menyapa masyarakat petani ini bertujuan untuk menyatukan presepsi dalam menyikapi berbagai permasalahan sektor perkebunan atau hortikultura yang sering dihadapi oleh masyarakat petani, khususnya di Kecamatan Ladongi, serta Koltim secara umum, dengan harapan dapat menjadikan sektor perkebunan dan hortikultura sebagai salah satu komoditas andalan melalui perhatian dan pembinaan yang dilakukan oleh dinas perkebunan dan hortikultura sebagai salah satu leanding sektor dalam pencapaian tujuan tersebut.

“Pada kesempatan ini, saya selaku pimpinan daerah Kabupaten Kolaka Timur, mengapresiasi adanya kegiatan bupati menyapa masyarakat atau petani khususnya di Kecamatan Ladongi. Niat mulia yang terkandung dalam rangkaian kebijakan Pemerintah Daerah Kabupaten Kolaka Timur merupakan harapan besar dalam rangka penanganan dan penataan kembali konteks pengelolaan sektor perkebunan atau hortikultura kearah yang lebih baik. Namun demikian, kita harus pahami bahwa masih ada yang belum optimal dalam pelaksanaannya, sehingga berdampak pada berbagai sisi, seperti keberlanjutan usaha perkebunan atau hortikultura ditingkat petani, peningkatan ekonomi kerakyatan, permasalahan sosial dan peningkatan produksi atau produktivitas,” tutupnya. (Diskominfo)