Dinas KB laksanakan Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting tingkat Kab Kolaka Timur

Dinas KB laksanakan Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting tingkat Kab Kolaka Timur

24 Mei 2023 | Admin | | 460 Kali Dilihat | 0 Komentar

Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara melaksanakan kegiatan Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten Kolaka Timur di Aula Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kab. Kolaka Timur (24/05/2023).

 

Tujuan kegiatan ini adalah penguatan komitmen, peran pemerintah pusat dan daerah serta mitra kerja dalam peningkatan akses, kualitas pelayanan, penggerakan program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting.

 

Kegiatan ini dihadiri oleh Ibu Sitti Maryam, SE., M.Si selaku Ketua Tim Kerja Perencanaan Perwakilan BKKBN Provinsi Sulawesi Tenggara. Adapun Narasumber pada kegiatan ini yaitu Kepala BAPPEDA, Kepala Dinas Kesehatan dan Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kab. Kolaka Timur.

 

Peserta Kegiatan Forum Koordinasi Percepatan Penurunan Stunting Tingkat Kabupaten Kolaka Timur diikuti oleh 25 orang peserta, terdiri dari Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (15 orang), PKB (5 orang), Dinas Kesehatan (1 orang), BAPPEDA (1 orang), dan Tenaga Gizi Lokus Stunting Ladongi, Lalolae dan Tinondo.

 

Percepatan penurunan stunting adalah setiap upaya yang mencakup intervensi spesifik dan intervensi sensitif yang dilaksanakan secara konvergen, holistik, integratif, dan berkualitas melalui kerja sama multisektor dipusat, daerah dan desa. Stunting adalah masalah gizi kronis akibat kurangnya asupan gizi dalam jangka waktu panjang sehingga mengakibatkan terganggunya pertumbuhan pada anak.

 

Stunting juga menjadi salah satu penyebab tinggi badan anak terhambat, sehingga lebih rendah dibandingkan anak-anak seusianya.

 

Pencegahan stunting terbaik sebaiknya dilakukan pada masa awal kehamilan. Orang tua disarankan untuk mulai menerapkan pola makan seimbang dan gaya hidup sehat sedini mungkin. Dari awal masa kehamilan, pencegahan stunting dapat dilakukan dengan meningkatkan asupan zat besi dan asam folat untuk ibu.

 

Sumber: TA Kab. Kolaka Timur

 

#GEMAS #GerakanMembangundanMelayaniMasyarakat #KolakaTimur #SulawesiTenggara #ForumKoordinasi #PercepatanPenurunanStunting2023

Tinggalkan Komentar