Sekda Buka Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa

Sekda Buka Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa

23 Januari 2024 | Admin | | 141 Kali Dilihat | 0 Komentar
Sekda Buka Bimtek Pengelolaan Keuangan Desa
 
Sekda Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa SSTP MSi yang mewakili Bupati Koltim Abd Azis SH MH, membuka bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan keuangan desa melalui aplikasi Siskeudes versi 2.06 dan CaLK TA. 2024.
 
Pembukaan kegiatan bagi oprator pengendali siskeudes desa se-Koltim ini, dilaksanakan di Hotel Claro Kota Kendari Selasa (23/12024).
 
Dalam sambutan tertulisnya yang disampaikan sekda, bupati menyampaikan dengan ditetapkannya Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa sebagai Perubahan Permendagri No. 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Desa, turut berdampak pada Aplikasi Sistem Keuangan Desa yang akan diimplementasikan oleh 117 Desa yang ada di Koltim, untuk melakukan penyesuaian menu, konten dan fitur-fitur yang ada pada aplikasi Siskeudes versi 2.06.
 
Oleh karena beberapa penetapan ketentuan-ketentuan teknis tentang pengelolaan keuangan desa kata bupati, tentunya dinilai perlu untuk melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) ini yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan, wawasan serta kapasitas aparatur Desa dalam menghasilkan dokument perencanaan,pengelolaan hingga pelaporan keuangan desa yang baik dan benar agar tercipta pengelolaan keuangan yang transparan, akuntabel dan partisipatif dengan dibantu alat kerja berbasis aplikasi siskeudes.
 
Dengan pengunaan aplikasi ini harap bupati, lebih mempermudah dan mendukung pengelolaan keuangan desa untuk mencatat data rekonsiliasi Dana Desa terhadap catatan atas laporan keuangan desa di tahun 2023, yang kemudian bisa dipergunakan untuk mempercepat dan mempermudah proses pencairan Dana Desa Tahap I Tahun 2024 dan penyaluran bantuan kelompok masyarakat melalui BLT Dana Desa sesuai regulasi yang ada.
 
”Pelaksanaan Bimtek ini juga dilaksanakan dalam rangka menjalankan amanah dari KPK sebagai upaya peningkatan nilai indikator MCP pada Kabupaten Kolaka Timur yang mana di tahun 2023 capaian penilaian MCP KPK untuk dana desa telah mencapai 76 % sehingga menjadi harapan kedepanya capaian ini terus meningkat di tahun 2024. Untuk itu, diharapkan kepada aparatur Kabupaten sebagai administrator dan pemerintah desa sebagai operator di desa dapat mengimflementasikan aplikasi ini dengan baik,” harapnya.
 
Pemda lanjut bupati, tentunya menyambut baik pelaksanaan kegiatan bimtek ini yang tentunya akan banyak memberi mamfaat dalam sistem pemerintahan khusunya terkait sistem pengelolaan keuangan desa di kabupaten kolaka timur.
 
”Oleh karena itu, mengingat pentingnya kegiatan Bimtek pada hari ini, saya tekankan kepada para peserta untuk dapat mengikuti Bimtek ini dengan sunguh-sungguh. Dengan harapan setelah pelaksanaan Bimtek ini para peserta sekalian lebih memahami tentang penggunaan dan pengelolaan Aplikasi Siskeudes versi terbaru, sehingga nantinya bisa diterapkan pada desa saudara,” ucap bupati dalam sambutan tersebut. (Diskominfo)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tinggalkan Komentar