Usai Uluiwoi Ueesi, Bupati Pimpin Musrenbang di Lambandia Aere dan Poli-Polia

Usai Uluiwoi Ueesi, Bupati Pimpin Musrenbang di Lambandia Aere dan Poli-Polia

20 Februari 2023 | Admin | | 704 Kali Dilihat | 0 Komentar
Usai Uluiwoi Ueesi, Bupati Pimpin Musrenbang di Lambandia Aere dan Poli-Polia
 
Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Tahun Perencanaan 2024, kembali digelar di tiga kecamatan.
Usia di Uluiwoi Ueesi pekan lalu, musrenbang dilanjutkan di Kecamatan Lambandia, Aere dan Poli-Polia pada Senin (20/2/2023).
 
Musrenbang dengan Tema "Pembangunan Berkelanjutan serta optimalisasi Gerakan Membangun dan Melayani Masyarakat (Gemas), dipimpin langsung Plt Bupati Koltim Abd Azis SH MH, untuk Kecamatan Lambandia dilaksanakan di Desa Penanggotu, Kecamatan Aere di Desa Iwoimea Jaya dan Kecamatan Poli-Polia di Desa Puundonkulo.
Pada kegiatan ini turut Hadir Ketua DPRD Kab. Kolaka Timur Suhaemi Nasir S.Pd., M. Pd beserta Wakil Ketua dan Anggota, Hadir juga Ketua TP. PKK Kab. Kolaka Timur Hartini Azis, A. Ma dan para anggota, para Asisten dan Staf Ahli, Kepala OPD lingkup Pemerintah Daerah Kolaka Timur, Camat dan Ketua TP. PKK Kecamatan serta para Delegasi utusan Kelurahan dan Desa dan juga turut hadir Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan ORMAS.
Di kegiatan ini juga di serahkan dokumen berupa Buku Kecamatan Dalam Angka Tahun 2022 yang di serahkan langsung oleh Plt. Bupati Kolaka Timur ke pada Camat.
 
Dalam sambutan nya Plt. Bupati Kolaka Timur mengatakan "Sebagai sebuah proses tahunan, musrenbang diharapkan dapat menjaring aspirasi dan kebutuhan masyarakat, olehnya itu kami mengharapkan kepada seluruh komponen selaku pembangunan yang hadir, untuk memberikan sumbangan pemikiran, sehingga melalui musrenbang ini, dapat mengakomodir aspirasi dan kebutuhan masyarakat, yang kemudian akan dipadukan dengan kebijakan dan prioritas program pembangunan pemerintah melalui organisasi perangkat daerah.
 
"Disamping itu, yang terpenting adalah adanya sinkronisasi dan sinergitas antar program pembangunan dalam menjawab permasalahan di Kolaka Timur"
 
"Kita sadari, masih banyaknya permasalahan yang muncul, baik langsung maupun tidak langsung, yang tentunya menuntut sistem pengelolaan pemerintahan dan pembangunan yang responsif, inovatif dan berkelanjutan dalam upaya memaksimalkan berbagai potensi dan keunggulan daerah"
 
"Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten Kolaka Timur telah mencanangkan program gerakan membangun dan melayani masyarakat (GEMAS), Gemas digagas untuk mempercepat akselerasi pencapaian visi misi dalam RPJMD 2021- 2028, yaitu sejahtera bersama masyarakat yang agamis, maju, mandiri dan berkeadilan. gemas merupakan program pembangunan terintegrasi, yang saling terhubung, melibatkan berbagai sektor sehingga perencanaan pembangunan diharapkan mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi pemerintah daerah, dan masyarakat kolaka timur secara tepat dan benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat"
 
"Untuk mendukung hal tersebut, maka ditetapkan tema pembangunan tahun 2024 yaitu: "Pembangunan berkelanjutan serta optimalisasi gerakan membangun dan melayani masyarakat" dan dalam mewujudkan tema tersebut ditetapkan prioritas pembangunan sebagai berikut.
1. Pembangunan manusia melalui peningkatan akses pendidikan, kesehatan dan pengentasan kemiskinan
2. Percepatan pembangunan infrastruktur dasar dan pelestarian lingkungan hidup
3. Peningkatan nilai tambah ekonomi melalui sektor pertanian, pariwisata dan UMKM
4. Tata kelola pemerintahan yang baik.
 
Berbagai program yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah serta kerja keras seluruh pemangku kepentingan, capaian indikator pembangunan Pemerintahan Kabupaten Kolaka Timur, sebagai berikut:
- Perekonomian kita berhasil tumbuh sebesar 4,83 persen dimana pada masa COVID 19 mengalami perlambatan sebesar (0,31) persen.
- Indeks pembangunan manusia (ipm) terus mengalami peningkatan dari 67,02 persen naik menjadi 67,76 persen.
Nilai IPM ini ditunjang oleh beberapa faktor:
- Angka harapan hidup sebesar 72, 82 tahun
- Harapan lama sekolah 12,69 tahun
- Rata-rata lama sekolah 7,84 tahun
- Pengeluaran perkapita 7.753 rupiah/perkapita/tahun
- Jumlah penduduk miskin mengalami penurunan dengan persentase penduduk miskin sebesar 14,35 persen.
Saat ini pula kita di perhadapkan pada penurunan angka stunting, dan penghapusan kemiskinan ekstrim diseluruh wilayah.
- Tingkat pengangguran terbuka sebesar 3,44 persen.
- PDRB perkapita atas dasar harga yang berlaku naik dari 37,23 persen menjadi 39,96 persen.
 
- Gini rasio berada pada angka 0,320 persen yang berarti kesenjangan antara penduduk kaya dan miskin tidak terlalu mencolok.
Kita patut bersyukur atas capaian yang kita peroleh, dan saya mengajak kita semua, mari kita terus berkarya demi mencapai target pembangunan tahun 2024,
Kita harapkan musrenbang yang akan kita laksanakan hari ini, menjadi salah satu upaya capai target-target pembangunan di tahun 2024 sebagaimana tersebut yang kami sebutkan.
Mengakhiri sambutan ini saya mengajak suruh komponen masyarakat untuk bersatu, karerena dengan dukungan kondusifitas wilayah komitmen semua stakeholder di wilayah ini berbagai rencana pembangunan akan dapat kita wujudkan. (Diskominfo)
 

Tinggalkan Komentar