Bupati Koltim (pakai topi tengah), didampingi Ketua DPRD Koltim dan Kadis Tanaman Pangan Koltim, melihat langsung demplot tanaman shorgum di Desa Mokupa, Senin (27/7).

Bupati Kunjungi Demplot Sorgum Mokupa Siap Dipanen.

27 Juli 2020 | Admin | | 51 Kali Dilihat | 0 Komentar

Bupati Koltim Drs H Tony Herbiansyah MSi, mengunjungi demplot tanaman Sorgum di Desa Mokupa Kecamatan Lambandia, Senin (27/7).

Dalam kunjungan di tanaman yang siap panen ini, bupati menyampaikan, selain untuk menambah pendapatan warga, juga bermamfaat sebagai ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19. Sebab, selain usia produksinya cepat juga sistem pemeliharaannya mudah.

“Pemerintah Daerah Kolaka Timur, berupaya agar sorgum ini menjadi komoditi dimasyarakat, selain komoditi utama Kakao, Padi dan Kopi. Sehingga terbentuklah Demplot Sorgum di Desa Mokupa ini, sebagai lahan percontohan,” ungkapnya di hadapan masyarakat yang hadir.

Kepada masyarakat,bupati berpesan untuk tetap menanam sorgum di tengah pandemi ini. Selain itu, ia juga mengharapkan masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan dan memakai masker.

Kadis Tanaman Pangan dan Peternakan Koltim Lasky Paemba SP MSi menambahkan, luas demplot yang ditinjau bupati ini yakni 48 Ha. Terdiri dari 20 Ha demplot, dan 28 Ha penyangga

“Bulan depan sudah bias dipanen. Dan sudah ada pembelinya yakni dari Surabaya dan Jakarta,” Uangkapnya.

Dengan keberadaan shorgum ini, Camat Lambandia Supriadi menyampaikan, sebagai wujud implementasi program Bupati Koltim, dengan visi misinya mensejahterakan petani dengan mengubah pola cara bercocok tanam menjadi petani yang professional.(Diskominfo)