Pj Bupati Koltim Ir H Sulwan Aboenawas MSi, resmi melepas Jamaah Calon Haji (JCH) Koltim Tahun 2022, Selasa (21/6) di Aula Pemda Koltim.

Lepas CJH, Bupati Titip Sejumlah Pesan

21 Juni 2022 | Admin | | 81 Kali Dilihat | 0 Komentar

Pj Bupati Koltim Ir H Sulwan Aboenawas MSi, resmi melepas Jamaah Calon Haji (JCH) Koltim Tahun 2022, Selasa (21/6) di Aula Pemda Koltim.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Seksi Haji merangkap PLH Kepala Kemenag Koltim H Muhamad Askar Sag MP, Asisten I Setda Koltim, unsur TNI/Polri dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambbutannya, bupati mnyampaikan jika ibadah haji merupakan rukun Islam yang kelima yang harus dijalankan jika sudah mampu, baik mampu secara fisik,spiritual, mental atau mampu biaya perjalannnya.

“Mari kita'syukuri nikmat ini, karena bapak dan ibu menjadi orang pilihansebagai tamu Allah SWT untuk melaksanakan ibadah haji tahun ini, mengingat betapa banyak saudara-saudara kita yang sesungguhnya telah siap dan hendak menunaikan ibadah haji, namun dari sekian banyak itu, Insyaallah saudara-saudara sekalianlah yang diridhai dan diberikan kesempatan untuk memenuhi panggilan Allah SWT,” ucapnya.

Selaku pimpinan daerah, ia menitip sejumlah pesan, yakni nantinya untuk melaksanakan ibadah haji dengan dasar niat ikhlas semata mata hanya karena Allah SWT, serta menunaikan ibadah haji dengan sungguh-sungguh, karena kesempatan yang di berikan oleh Alllah SWT, belum tentu akan ada lagi kesempatan lainnya, sehingga dengan ketulusan niat memenuhi panggilan allah serta untuk meraih keridhaannya, isyaallah tujuan kemuliaan serta meraih haji yang makbul dan makbur akan dapat di raih.

Lanjutnya, harus disadari bahwa tempat pelaksanaan ibadah haji adalah bukan di negeri kita, disana akan berjumpa dengan saudara-saudari kita yang seiman dari berbagai penjuru dunia, karena itu sikap dan tingkah laku harus dijaga dengan sebaik-baiknya, dalam rangka menjaga citra nama baik negara kita ditanah suci.

Ibadah haji kata dia, hendaknya akan bermuara pada perubahan prilaku, tidak hanya menjadi lebih baik bagi diri sendiri, tetapi juga bagi orang lain, daerah dan negara mengingat kesemua bentuk ibadah haji berakhir pada perjanjian kita sebagai mahkluk, kepada Allah SWT sebagai sang pencipta, untuk berhenti dan meninggalkan segala sifat dan tabi'at yang tidak baik yang pernah kita kerjakan sebelumnya. Selalu memperhatikan kesehatan, karena kesehatan menjadi penting dalam pelaksanaan ibadah haji ini, para jamaah membutuhkan 'stamina dan kondisi fisik yang prima. untuk itu diharapkan kepada para jamaah calon haji agar dapat selalu berkoordinasi dan berkomunikasi dengan para medis yang bertugas , apabila ada sesuatu yang dirasa mengganggu bertugas, apabila ada sesuai kesehatan.

Yang tidak kalah penting masih kata bupati, pada seluruh jamaah calon haji dari kabupaten kolaka timur kiranya untuk tidak lupa mendoakan daerah kita cintai ini. mintalah pertolongan kepada Allah, agar allah swt senantiasa memberikan keberkahan bagi masyarakat kabupaten kolaka timur, agar masyarakat kolaka timur dapat memperoleh ketentraman, kesejahteraan dan rasa persatuan.

“Pada kesempatan yang baik ini juga, tak lupa kami mengucapkan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya serta terima kasih kepada segenap panitiapenyelenggara ibadah haji di jajaran kantor kementerian agama, dan seluruh instansi/lembaga terkait lainnya, dengan memberikan pelayanan terbaik bagi para jemaah calon haji serta mendukung suksesnya penyelenggaraan operasional keberangkatan haji di Kabupaten Kolaka Timur. Semoga allah swt meridhai segala niat suci kita,menurunkan rahmat dan keberkahannya di kabupaten kolaka timur, sehingga kita terhindar dari segala bentuk musibah dan bencana agar kita dapat menata daerah ini menuju “baldatun thayyibatun warabbun ghafur" yaitu suatu tatanan negeri yang baik, sejahtera dan damai  serta senantiasa dalam lindungan dan ampunan Allah SWT,” tuntasnya.

Sementara PLH Kepala Kemenag Koltim dalam laporannya menyampaikan, setelah dua tahun ditunda pemberangkatan haji ini karena pandemic Covid 19, tahun ini JCH Koltim berjumlah 60 orang ditambah satu petuge non kloter, sehingga totalnya 61 orang.

Dari 60 orang ini, Ia merinci, dari Kecamatan Mowewe 7 orang,  Tinondo 5 orang, Tirawuta 3 orang,  Lalolae 2 orang, Loea 3 orang, Ladongi 8 orang, Poli-Polia  2 orang, Dangia 7 orang, Lambandia 14 orang, dan Aere 9 orang,

Dari jumlah ini lanjutnya, JCH tertua berasal dari Kecamatan Lambandia atas nama Nur dengan usia 65 Tahun. Dan JCH termuda dari Kecamatan Dangia atas nama Eris Gunavjan dengan Usia 23 Tahun.

Untuk proses keberangkatan JCH ini sebut Muhamad Aksar, akan dilaksanakan pada Rabu 22 Juni 2022 besok menuju Banadara Haluoleo Kendari ke Asrama Haji Embarkasi Makassar yang akan langsung diterima oleh Pemberangkatan lbadah Haji (PPIH) Embarkasi Makassar. Lalu pada hari Jumat 24 Juni 2022 pukul 04.20 WITA, selanjutnya akan diberangkatkan meluju Bandara King Abd Aziz Jeddah, yang Tergabung dalam Kloter 8 UPG Makassar pada gelombang kedua.

“Sedangkan untuk jadwal kepulangan, calon jamaah haji kita ini, rencananya akan tiba di tanah air pada hari Sabtu Tanggal 5 Agustus 2022 Pukul 19.25 Wita. Dan Jamaah haji Kabupaten Kolaka Timur akan kembali kedaerah asal Kabupaten Kolaka Timur pada tanggal 6 Agustus 2022,” tutupnya. (Diskominfo)