Lomba 10 Program PKK di Desa Talinduka Kecamatan Dangia yang dipimpin Ketua TP PKK Koltim, Jumat (30/9).

Talinduka Wakili Dangia Lomba PKK Tingkat Kabupaten 2022

30 September 2022 | Admin | | 181 Kali Dilihat | 0 Komentar

Desa Talinduka, didaulat untuk menjadi wakil Kecamatan Dangia dalam lomba 10 program pokok PKK Tingkat Kabupaten Koltim Tahun 2022.

Untuk itu, Tim Penilai Lomba 10 Program Pokok PKK Kabupaten Koltim ini yang dipimpin langsung Ketua TP PKK Koltim Hartini Azis AMa, menyambangi desa tersebut pada Jumat (30/9) guna melakukan penilaian.

Turut hadir Ketua DPW Koltim Murdiana Iqbal SKM MKes, para pengurus TP PKK Koltim, Kepala Desa Talinduka H Muh Nur, tokoh agama, tokoh adat, tokoh perempuan dan tokoh pemuda di Kecamatan Dangia dan Desa Talinduka.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Koltim menyampaikan, Gerakan PKK adalah gerakan nasional yang bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejatraan masyarakat terwujudnya keluarga sehat,cerdas, berdaya saing, berimam dan bertakwa menuju indonesia maju di tahun mendatang. Dan semua ini, tidak terlepas dari dukungan pemerintah yang selalu berada barisan terdepan mendukung setiap program yang ada.

"Saya berharap kepada segenap kader PKK, baik kabupaten, kecamatan, dan desa atau kelurahan, untuk menjadikan lomba dan agenda ini sebagai ajang dalam mengevaluasi program-program pokok PKK di semua jenjang kepengurusan," harapnya.

Ia menyebutkan, dalam lomba ini, diantara yang dinilai adalah,

  1. Lomba teknis administrasi yang akan dinilai yaitu semua administra yang ada disekretariat Pkk Desa/kelurahan, PKK dusun, PKK RW, PKK RT desa wisma
  2. Untuk pokja 1 yang meliputi bidang penghayatan dan pengamalan pancasila serta bidang gotong royong dan selanjutnya yang akak dinilai difokuskan pada penyuluhan melalui sosialiasasi orang tua hebat dan simulasi tentang pembinaan anak dan remaja (PAAR).
  3. Untuk pokja 2 yang meliputi bidang pendidikan terampilan serta pengembagan kehidupan berkorprasi, selanjutnya yang akan dinilai adalah pengembagan kehidupan berkoprasi yakni UP2K/PKK.
  4. Pokja 3 yang meliputi bidang pangan, sandang, serta peruhan dan tata laksana rumah tangga selanjutnya bidang yang akan dinilai adalah pemanfaatan halaman pekarangan (AKU HATINYA PKK) amalkan dan kukuhkan halaman asri, teratur indah dan nyaman.
  5. Untuk pokja 4 yang meliputi bidang kesehatan perancaan sehat . Selanjutnya yang dinilai adalah pencegahan dan penaganan stunting.

Selanjutnya masih kata dia, untuk penilaian masing-masing memiliki instrumen yang di uraikan dalam indikator penilaian yang sudah di beri skor dengan bobot point yang bervariasi sesuai dengan tingkat kemudahan dan kesulitan dalam melaksanakan program baik secara adminitrasi maupun dalam bentuk fisik. Adapun Tim penilaian lanjutmya, berasal dari Tim Pengerek PKK kabupaten yang telah di tunjuk dan di SK-kan. Penilaian lomba akan dilaksanakan di 12 kacamatan dengan terbaik akan mewakili Koltim untuk mengikuti lomba 10 program Pokok PKKTingkat Provinsi.

"Saya berharap kepada seluru tim penilai agar dapat melaksanakan penilaian secara objektif. Sehingga, perwakilan Kabupaten Kolaka Timur maupun menunjukan hasil maksimal ditingkat previnsi yang Insyah Allah di akan dilaksanakan pada Bulan Oktober mendatang, atau bahkan nanti sampai tingkat nasional," tutupnya. (Diskominfo)